REY DE LYPHOSSE....... MR.TUKELATION.... MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG......!!

Sabtu, 16 April 2011

KALAWAI (senjata Khas daerah Maluku)

Sebagai orang Maluku pasti anda pernah mendengar kata Kalawai.. kata kalawai juga pernah di syairkan dalam lagu "Bulan Pake Payong". salah satu syair tersebut adalah:

Bulan pake payong tuturuga batalor
Nona dari ambon datang kaweng di kantor
Kaweng bae bae, jangan laki bakalai
kalo laki bakalai tikam dia deng KALAWAI
ole sio... sio.. sayang ee........

Kalawai merupakan salah satu  senjata tajam khas daerah Maluku, bentuk kalawai adalah hampir mirip seperti tombak namun bentuk kalawai sendiri biasanya pegangannya terbuat dari bambu, yang lebih panjang dari tombak, ujung  bambu tersebut kemudian di beri besi tajam, besi tersebut harus lebih dari satu, dan di ikat melingkari bambu tersebut. biasanya besi kalawai terdiri dari besi2 kecil ukuran 6 mili dan di  asah sampai tajam.
kalawai memiliki fungsi yang berbeda dengan tombak, kalawai biasanya hanya  di pergunakan di lautan oleh nelayan atau biasa di pergunakan di dalam air, baik di lautan maupun sungai/danau untuk menangkap hasil laut berupa ikan dan lain sebagainya.


ASAL-USUL KATA KALAWAI
Kata Kalawai berasal dari bahasa daerah Maluku, terkhusus daerah Maluku Tengah (Pulau Seram,Ambon,Saparua,Haruku,Nusalaut,Buru dll).
Kata "Kalawai" berasal dari dua suku kata yakni KALA & WAI.
1. KALA artinya TIKAM
2. WAI artinya AIR


Sehingga kata "kalawai" memiliki pengertian "TIKAM AIR" 
dari pengertian diatas maka sudah sangat jelas kalau  kalawai merupakan alat atau senjata tajam yang biasanya dipergunakan di dalam air  untuk menangkap ikan, gurita, teripang dll oleh nelayan di maluku.

untuk itu di harapkan agar Pemerintah Propinsi Maluku untuk melegalisasi kalawai sebagai senjata khas daerah maluku sebelum ada daerah lain ataupun negara lain yg melegalisasi kalawai sebagai senjata khas daerah/Negaranya.

NB : ingat lagu "Rasa sayange" yg kemudian di legalisasi oleh Negara malaysia.

By : Rey de Lyphosse

0 komentar:

Posting Komentar