REY DE LYPHOSSE....... MR.TUKELATION.... MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG......!!

Sabtu, 16 April 2011

MATAWANA

Kata "Matawana" adalah merupakam bahasa maluku/khusus daerah maluku tengah. pengertian dasar dari "Matawana" adalah begadang. kata ini tidak asing lagi bagi orang di daerah maluku. Kata Matawana sebenarnya berasal dari ragam bahasa dari daerah maluku tengah yang terdiri atas dua suku kata yakni; Mata & Wana/ana, "Mata artinya Mati"
dan "Wana artinya Anak" sehingga "Matawana artinya Anak Mati" atau "Orang mati".
Kata Matawana yg jika di indonesiakan memiliki pengertian begadang, jika dikaitkan dengan pengertian sesuai sub kata dlm daerah maluku "MATA & WANA yang artinya "Anak Mati atau Orang Mati" maka sebenarnya memiliki kaitan yang sangat jelas. karna ketika ada orang/ anak yang meninggal Dunia maka dengan sendirinya masyarakat atau saudara2/kerabat2 yang melayat pada malam hari akan melakukan tradisi Matawana/begadang dengan melakukan ibadah, Doa bersama untuk mendoakan jenasah tersebut agar mendapat tempat yg layak  disisi Tuhan.  Acara MATAWANA merupakan tradisi orang2 maluku ketika ada yang meninggal dunia. Acara Matawana bukan saja dijalankan di dlm maluku, tetapi juga di luar maluku, dan itu merupakan suatu tradisi yg telah turun menurun sampe saat ini.

Dalam perkembangan bahasa yang semakin Modern, maka kata Matawana tidak hanya dipakai pada saat orang Duka (orang Meninggal), tetapi kemudian mnjadi kata matawana memiliki pengertian yang lebih umum yakni "Begadang".

By: Rey de Lyphosse

0 komentar:

Posting Komentar