REY DE LYPHOSSE....... MR.TUKELATION.... MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG......!!

Senin, 18 April 2011

KAPISTA & CAKADIDI

Kapista dan Cakadidi merupakan kata sifat yang sangat populer di masyarakat maluku, kata kapista ini sebenarnya memiliki makna yang agak negatif yang hanya dipakai untuk menyebut sifat2 perempuan.
contoh : Parampuang kapista, Parampang mandidi.
Dua kata ini hanya bisa di sebutkan untuk kaum perempuan dan tidak untuk kaum lelaki.. hehhee.. kasihan juga yah.. hahaha



Kapista
kata Kapista ini jika di Indonesia-kan  maka akan terdengar agak sedikit berkonotasi Atraktif terhadap kaum perempuan. Kapista adalah satu kata sifat yang menggambarkan sifat dan kelakuan perempuan yang agak keras kepala, keras kemauannya tapi tidak se-sinonim dengan kata "Egoisme".
Perempuan kapista bisa di gambarkan sebagai perempuan yang memiliki watak (sifat) yang keras (bukan jg Tomboi) dan mempunyai temperaman yang agak tinggi. sifat kakpista adalah sifat bawaan dari lahir (Bakat) dan merupakan hal yang alami (tidak dibuat2).


Cakadidi
kata cakadidi memilki makna yang sedikit berbeda dengan Kapista, karena hanya sifat sementara (temporer), artinya sewaktu-waktu saja  ketika wanita itu mencari perhatian di hadapan laki-laki, atau ketika sedang diadakan pesta muda mudi Dll.
kata cakadidi  agak mirip maknanya seperti kata genit/ gatal yg hanya di ucapkan untuk perempuan yang memilki sifat yang genit,  kata cakadidi memilki arti dasar adalah "cari Perhatian". dengan demikian maka jika ada wanita yang mencari perhatian yang berlebihan maka dia disebut sebagai "Perempuan Cakadidi" 

 


By: Rey de Lyphosse

3 komentar:

Unknown mengatakan...

parampuang popo bagatal cakadidi deng tabembeng pung ana

Eko Sutrisno mengatakan...

Ouh kata sifat baru tau saya

Falah Nugraha Setiawan mengatakan...

Thnks gan infonya

Posting Komentar